Tahukah Kamu Khasiat Mangga Merah Irwin Yang dari Australia itu? | Tanaman Asri di Pekarangan Rumah

Tahukah Kamu Khasiat Mangga Merah Irwin Yang dari Australia itu?

Leave a Comment

DAPATKAN GARANSI DENGAN MEMESAN 2 BIBIT ATAU LEBIH, KHUSUS TERBATAS HARI INI DAN BESOK KALAU ANDA PESAN LUSA TAKUTNYA ANDA GAK KEBAGIAN

Untuk pemesanan silahkan order via WA disini https://bit.ly/dans17 atau via halaman Cara Order di Sini http://bit.ly/2qaGXob

Pernahkah kamu mendengar buah Mangga Irwin? baca yuk infonya....


Mangga irwin enak

Mangga Irwin (Mangifera indica) merupakan varietas mangga introduksi dari Australia, penampilannya cukup menarik dan sangat cantik dengan warna kulitnya yang merah keunguan.

Warna merah sedikit ungu pada buah mangga ini muncul disebabkan adanya hormon antosianin.
Hormon antosianin berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek-100-200 mµ.

Pada mangga irwin antosianin berkumpul di pangkal buah dekat tangkai.
Sementara klorofil pemberi warna hijau hanya tersisa sedikit terletak di ujung buah. Pigmen karotenoid yang tersebar merata di kulit buah memberi latar warna kuning.

Mangga Irwin dapat mencapai ukuran yang cukup besar dengan berat mencapai 500 gr perbuah.

Memiliki tekstur daging padat agak berair dengan rasa yang manis di sertai harum yg sangat khas, berbiji tipis dengan serat cukup halus dan mengandung sedikit tepung. Rasa manis berkat kadar gula 12-15° briks serta sensasi asam yang menyergap 
bagian samping belakang lidah.

Jika Anda tertarik membudidayakannya, perlu dicatat bahwa mangga ini cenderung memerlukan sinar matahari yang penuh.
Jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, warna ungu pada pangkal buah saat masih muda dan warna merah pada pangkal buah saat matang tidak akan muncul.

Dengan demikian, penampilan buah menjadi tidak menarik. Untuk itu, perlu dilakukan pengurangan percabangan-percabangan agar sinar matahari dapat masuk ke dalam tajuk tanaman.
Perlu diketahui, jika mangga di panen matang, kualitas buah justru menurun, daging buah yang teksturnya padat, agak berair mempunya serat cukup halus, berasa sedikit bertepung tanda kandungan pati lumayan tinggi,

Jadi panenlah mangga saat belum masak betul di pohon untuk mendapatkan rasa yang prima.
Selain merupakan varietas mangga yang difavoritkan untuk tabulampot karena kecantikan buahnya, Mangga jenis ini relatif cepat berbuah. Mangga Irwin belajar berbuah dari masa tanam 2-3 tahun.

Harga Bibit Mangga Irwin

Harga bibit Mangga Irwin ditempat kami sangatlah murah, Biasanya harganya Rp.105.000, tapi sekarang cukup dengan Rp.75.000 anda sudah bisa memiliki bibit mangga Irwin yang diidamkan, belum termasuk ongkos kirim.

Mangga irwin sedap

Khasiat buah mangga Irwin


1. Khasiat Buah Mangga Ungu Atasi Diabetes Melitus
Buah mangga ungu sangat baik sekali mengobati penyakit berbahaya seperti diabetes melitus, hal ini karena buah mangga ungu memiliki kandungan senyawa flavanoid untuk menjaga sel dari bahaya sinar ultraviolet.
Serta kandungan antosianin dapat mengobati diabetes melitus.

2. Khasiat Buah Mangga Ungu Untuk Kesehatan Tulang
Mangga ungu memiliki beragam vitamin, salah satunya vitamin D. Vitamin D sudah terbukti sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tulang terutama menjaga dari tulang keropos serta untuk menguatkan tulang.

3. Khasiat Buah Mangga Ungu Atasi Anemia
Mangga ini memiliki kandungan zat besi dimana kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Terutama untuk pencegahan anemia pada ibu hamil dan juga anak-anak.

Cara Menanam Mangga Irwin Di Lahan Perkebunan


Bagi kamu yang sudah pingin menanam mangga irwin, mungkin tips ini bisa kamu ikuti :

1. Pilih Bibit Mangga Irwin Kualitas Baik

Pembibitan mangga bisa dilakukan dengan beberapa teknik seperti langsung dari biji, okulasi atau dengan cangkok. Untuk hasil pertumbuhan yang cepat, sahabat bisa menggunakan teknik okulasi atau cangkok.

Namun jika sahabat ingin yang praktis, sahabat bisa membelinya di toko Tanaman Buah Asri, bibit sudah siap dipindah tanamkan dari polybag ke lahan tanam nantinya.

Kriteria bibit yang harus dipilih antara lain bibit unggul berkualitas, sehat tidak terserang hama maupun penyakit, daun hijau segar tidak kering, berbatang kokoh tidak kering dan kurus, berdaun lebat.

Spesifikasi Bibit Mangga Irwin

  • Salah satu varietas mangga introduksi dari australia. 
  • Mangga irwin ini memiliki ciri yg unik dengan warna buah kemerahan (ungu). 
  • Mangga Irwin memiliki tampilan warna merah yang menarik pada buahnya. 
  • Mangga Irwin dapat mencapai ukuran cukup besar mencapai berat 500gr/buahnya. 
  • Memiliki tekstur daging padat agak berair dengan serat cukup halus dan mengandung sedikit tepung. 
  • Rasa manis berkat kadar gula 12-15 briks memenuhi rongga mulut. Itu diakhiri sensasi asam yang menyergap bagian samping belakang lidah. 
  • Selain merupakan varietas mangga yang difavoritkan untuk tabulampot karena kecantikan buahnya ini. 
  • Tinggi tanaman saat ini 60-80cm 
  • Iklim tumbuh dataran rendah dengan cuaca panas 
  • Media tanam tanah dan humus. 
  • Masa prokduktif 3-4 tahun 

2. Memilih Lokasi Penanaman

Penanaman mangga irwin ini bisa dengan sistem tabulampot maupun di lahan. Tanaman ini cocok ditanam pada dataran rendah bersuhu panas kisaran 30-35c.
Area yang diharapkan tanaman mangga irwin adalah bersih dari rumput dan sampah disekitaran penanaman, tanah gembur kaya dengan unsur hara, lokasi harus tersinari matahari secara langsung tidak ada yang menaunginya.

3. Mulai Membuat Lubang Tanam

Jika persiapan diatas sudah selesai baru kita membuat lubang tanam di area yang telah ditentukan. Untuk membuat lubang tanam kita bisa gunakan alat seperti cangkul dengan ukuran lubang tanam 50x50x50cm.
Disamping itu, siapkan juga campuran tanah + kompos + sekam untuk penutup lubang penanaman bibit.

4. Menginstirahatkan Lahan

Apabila lubang tanam sudah selesai kita buat, bibit jangan langsung kita tanam. Lubang tanam perlu diistirahtakan dulu sekitar 2-3 harian dan biarkan tersinari matahari penuh untuk membunuh bakteri yang ada pada lubang tanam.

5. Proses Penanaman

Lanjut pada proses penanaman bibit mangga irwin. Bibit yang sudah siap tinggal pindah tanamkan ke area penanaman.
Letakkan perakaran bibit pada lubang tanam, jika bibit didapat dari toko bibit biasanya sudah tertanam dalam polybag.

Kita tinggal menyobek plastik polybag dan langsung letakkan pada lubang tanam. Posisikan bibit tegak lurus jangan sampai miring.

6. Menutup Lubang Tanam

Bibit yang sudah kita letakkan pada lubang tanam, segera kita tutup dengan campuran tanah + kompos + sekam yang sudah kita siapkan sebelumnya.
Media yang kaya akan nutrisi akan merangsang tanaman mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Tutup sampai merata, padatkan sedikit supaya bibit tidak mudah roboh.

7. Melakukan Penyiraman

Setelah bibit tertanam pada lahan penanaman, saatnya kita lakukan penyiraman pertama. Siram seluruh tanaman dan media tanamnya sampai air meresap.
Untuk hasil penyiraman yang optimal gunakan alat bantu embrat atau gembor.

8. Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir sangat dianjurkan untuk tanaman yang baru pindah tanam, pasalnya tanaman baru kerap terganggu dari faktor lingkungan.

Ajir berguna untuk menopang tanaman baru agar lebih kokoh lagi. Ajir bisa kita buat dari bambu berukuran panjang 1,5 meter.

9. Pemupukan Rutin

Bibit yang telah ditanam membutuhkan suplay nutrisi secara teratur karena tanaman butuh asupan nutrisi bagi pertumbuhan optimalnya. Ada 2 resep untuk membuat pemupukan rutin, berikut boleh dipilih salah satunya :

Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW
Pemupukan ini harus rutin dilakukan 1 bulan sekali.


10. Merangsang Munculnya Bunga/Buah

Tanaman mangga irwin akan berbuah setelah berumur 3 tahunan dari hasil okulasi atau cangkok.
Pertumbuhan mangga perlu dibarengi dengan memberinya hormon perangsang buah untuk memacu tumbuhnya buah secara cepat dengan hasil yang lebih baik. Insyaalloh hormon perangsang buah akan bereaksi kurang dari 3 tahun tanaman mangga sudah lebat-lebat buahnya.

Hormon perangsang yang sering saya berikan yaitu POC BMW. Cara aplikasinya cukup dengan menyemprotkan POC BMW pada seluruh tanaman mangga irwin dengan interval 1 bulan sekali, dosis 3 tutup POC BMW + 15 liter air.

11. Perawatan Lainnya

Perawatan lain yang sangat mendukung dalam pertumbuhan tanaman mangga yaitu rajin membersihkan area lahan tanam dari rumput-rumput yang tumbuh dan juga sampah, rajin menyiram 1-2 kali sehari pagi dan sore namun tergantung cuaca dan kelembaban tanah.

12. Hama dan Penyakit Tanaman Mangga

Adapun hama yang sering mengganggu tanaman mangga diantaranya wereng mangga, penggerek pucuk, ulat philotroctis sp, penggerek buah, bubuk buah mangga, bisul daun, lalat buah, kepik mangga, tungau, thrips, codot.

Namun hama-hama tersebut bisa diatasi dengan mengaplikasikan Insektisida hayati ANTILAT 4-5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Selain itu penyakit tanaman yang kerap menyerang tanaman mangga seperti penyakit gleosporium, penyakit diplodia, cendawan jelaga, bercak karat merah, kudis buah, penyakit antraknose, penyakit blendok.

Untuk penanggulangannya bisa kita semprotkan fungisida hayati NOPATEK 4 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Sekian pembahasan artikel kali ini mengenai Cara Menanam Mangga Irwin Di Lahan Perkebunan, semoga panduan diatas bisa bermanfaat dan dipraktekan oleh sahabat semua. Sukses selalu..



Sumber :www.taniorganik.com

DAPATKAN GARANSI DENGAN MEMESAN 2 BIBIT ATAU LEBIH, KHUSUS TERBATAS HARI INI DAN BESOK KALAU ANDA PESAN LUSA TAKUTNYA GAK KEBAGIAN

Untuk pemesanan silahkan order via WA disini https://bit.ly/dans17 atau via halaman Cara Order di Sini http://bit.ly/2qaGXob


Kami juga menyediakan bibit Mangga Unggulan yang lainnya yang tentu bisa memanjakan anda dan membuat rumah anda tambah asri, silahkan lihat disini dengan harga yang murah, Klik harga aneka bibit mangga.

0 comments:

Post a Comment